MANFAAT MANGGIS

Hetalia: Axis Powers - Liechtenstein

Senin, 15 Februari 2016

Belajar Seni Rupa

Assalamu'alaikum wr.wb
Untuk postingan saya yang pertama ini saya akan mengulas tentang bab seni rupa,semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman semua,maaf jika masih banyak kekurangan karena ini postingan pertama dari blogspot yang saya buat :)
SENI RUPA

  
              Seni rupa adalah ide gagasan yang diwujudkan dalam bentuk 2 dimensi dan 3 dimensi. Wujud karya seni rupa 2 dimensi memiliki ukuran panjang dan lebar, sedangkan wujud karya seni rupa 3 dimensi memiliki ukuran panjang,lebar,dan tinggi.
              Seni rupa berdasarkan kegunaan karya dibagi menjadi 2,yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni (fine art) mengutamakan unsur keindahan,sedangkan seni rupa terapan (applied art) mengutamakan unsur keindahan dan nilai benda pakai.

1)contoh-contoh karya seni rupa 2 dimensi :
        a. Lukisan

          Lukisan merupakan sebuah karya seni yang proses membuatnya dengan cara memulaskan cat dengan alat lukis seperti kuas, pisau palet atau peralatan lain. Proses melukis biasanya dilakukan dengan cara memulaskan berbagai warna ke dalam sebuah media seperti kertas atau kanvas. Warna yang dioleskan pada media tersebut biasanya menciptakan berbagai gradasi warna serta kedalaman warna sehingga menciptakan sebuah lukisan dengan gambar yang menarik.
        b. Seni Grafis

         Seni grafis merupakan salah satu cabang seni rupa yang cara pembuatan karyanya dengan mengunakan teknik cetak pada kanvas atau media lain. Seni grafis menggunakan berbagai media, dari media tradisional sampai media kontemporer. Saat ini seni grafis dengan menggunakan metode digital sangat populer, dengan menggunakan metode ini kamu bisa menciptakan karya grafis meliputi plat logam, papan kayu, lembaran kaca akrilik, Batu litografi atau lembaran linoleum.

2)contoh-contoh karya seni rupa 3 dimensi
           a.Seni Kriya
           Seni Kriya adalah sebuah seni yang proses pembuatan karyanya menitik beratkan pada ketrampilan tangan untuk mengolah bahan baku menjadi bahan yang memiliki nilai guna dan juga nilai estestis. Kriya juga lebih sering mengikuti tradisi daripada penemuan yang sering ditemukan secara individu oleh seorang perupa. Kriya bisa berbentuk karya dari batu, tanah, logam, kain ataupun kayu.
           b.Patung
           Patung merupakan contoh yang paling mudah dari sebuah karya seni rupa 3 dimensi. Pembuatan patung bisa dibuat dengan menggunakan teknik memahat. Biasanya patung dibuat dari batu, kayu atau benda keras lain yang dipahat sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk manusia, binatang atau bentuk lainnya.

2)Teknik-teknik pembuatan karya
          a. 2 dimensi
- linier         : garis-garis
- blok          : satu warna
- dusel        : posisi dimiringkan
- arsir          :  penyilangan garis
-pointilis   : permainan titik
- aquarel   : transparan/cat air
           b. 3 dimensi 
-memahat         : mengurangi bahan yang bertekstur sedang dan keras
-mencetak        : mencampur adonan/ dicetak
-membutsir     : mengurangi atau mengubah bahan yang bertekstur lunak
-membentuk : merangkai bagian-bagian menjadi satu
-konstruksi     : menggabungkan/menyambung dalam seni bangunan arsitek

3) Corak karya 
      a.realis                    : sesuai kenyataan
      b.abstrak               : khayalan
      c.representatif   : pengulangan karya yang ada dan tidak meninggalkan bentuk asli
      d.deformatif        : mengubah bentuk
      e.dekoratif            : mengayakan bentuk
      f.figuratif                : menyerupai bentuk
      g.imitatif                 : meniru bentuk

wujudnya, seni rupa terbagi menjadi 2 yaitu karya seni rupa 2 dimensi dan karya seni rupa 3 dimensiSwujudnya, seni rupa terbagi menjadi 2 yaitu karya seni rupa 2 dimensi dan karya seni rupa 3 dimensiSwujudnya, seni rupa terbagi menjadi 2 yaitu karya seni rupa 2 dimensi dan karya seni rupa 3 dimensiS

wujudnya, seni rupa terbagi menjadi 2 yaitu karya seni rupa 2 dimensi dan karya seni rupa 3 dimensiS

1 komentar: